[ 1 ] : Stasiun Pasar Senen

Perjalanan ini dimulai saat aku memutuskan memilih the name of the rose daripada juliet— untuk menemani. Mengapa aku memilih momen itu sebagai sebuah titik permulaan? Karena sesaat setelah itu, abangku muncul dan mengatakan berbagai hal yang mengingatkanku bahwa ini pertama kalinya aku berkereta api jarak jauh dari sebuah stasiun yang paling dekat dengan tempat tinggalku selama 20 tahun tapi hampir tak pernah aku masuki. Aku hanya tahu stasiun itu lewat cerita ayah, kakak perempuan dan temanku yang akan kukunjungi beberapa jam lagi.

Aku– yang baru tahu di mana pintu masuk stasiun itu– berulang kali mendongakkan kepala lantaran sibuk membaca tiap tulisan di sepanjang koridor antara pintu masuk sampai ke area boarding. Dan menurut pendapatku, tulisan-tulisan itu sangat membantu. Setiap pintu masuk boarding langsung ditandai dengan nama kereta dan jam keberangkatan. Tulisannya pun cukup besar dan jelas, dengan tinta putih tebal di atas papan biru gelap.

Saat boarding, petugas memeriksa tiket dan kartu identitasku untuk memastikan bahwa aku tidak salah masuk. Ini membuatku lega karena sejak kemarin-kemarin, inilah hal yang paling membuatku khawatir. Aku masuk ke ruang tunggu, dan ada petugas menanyai kelas yang akan aku naiki dan memberitahu di mana aku harus menunggu. Ini membantu sekali untuk seorang debutant seperti aku. Aku menunggu di atas kursi panjang, di sebelah kanan sepasang suami istri. Di atas kepalaku, papan nama stasiun tergantung.

Karena datang terlampau cepat, aku cukup lama menunggu kereta datang. Dan selama itu aku tidak bisa berkonsentrasi membaca the name of the rose karena aku sangat ingin segera melihat kereta itu. Aku jadi sering sekali melirik jam tanganku karena itu. Dan baru pukul 20.50 angin lembut mengenai wajahku dan kereta itu tiba.

Dari atas kereta, di sebuah tempat tak tahu di mana karena cuma ada gelap di balik jendela.

One thought on “[ 1 ] : Stasiun Pasar Senen

Leave a Reply

