H-2

“kalo gue udah berkeluarga, gue udah enggak sayang lagi lah sama kalian”
– temen gue

Pagi ini tiba-tiba inget sama kalimat itu. Kalimat yang menurut gue adalah kalimat paling romantis yang diucapkan seorang temen untuk sahabat-sahabatnya. Kenapa? Well, enggak tau. Wakakakak. Tapi kalimat itu berbekas banget di diri gue. Alih-alih menjanjikan best friend forever-relationship, kalimat itu malah menunjukkan warna persahabatan yang sesungguhnya, walaupun bernada negasi.

Gue jadi inget masa-masa sebelum hari ini. Waktu gue sd, betapa merasa tak terpisahkannya gue sama seorang temen sebangku bernama Indri. Betapa pengennya gue jagain die seumur hidup gue. Tapi lihat, kurang dari setahun setelah kelulusan, gue udah ya sibuk dengan sekolah gue yang baru. SMP sama, STM sama, sampe akhirnya sekarang gue kuliah, ketemu manusia-manusia kampungan itu.

Menurut gue, arti kalimat itu enggak susah, ya. Kita (mungkin) enggak bisa temenan kayak sekarang kalo kita udah berkeluarga. Terus gue mikir dulu manusia yang bilang itu. Oke, cukup. Yap, that’s real. Daripada menjadikan best friend forever jadi janji picisan, gue rasa memang itu statement yang tepat. Kita akan tumbuh. Kita butuh orang lain untuk tumbuh. Gue, temen-temen gue, dan banyak orang membutuhkan orang lain untuk tumbuh. Dan egois banget rasanya membatasi diri dan temen-temen kita untuk berkembang ke arah yang lebih baik, dengan mengikat mereka dalam hubungan best friend forever itu. Walaupun tak bisa dipungkiri ketika akhirnya kita menjalani jalan selanjutnya, kita akan saling rindu, bertemu, lalu saling mengenang hari yang telah lalu. Tapi setidaknya, dengan begini tak ada janji yang dicederai dan semua kenangan indah itu akan jadi warisan yang tiada sesal didalamnya. Semoga.

2 thoughts on “H-2

Leave a Reply

