[Anime] : The Girl Who Leapt Through Time

Makoto, time wait for no one. – Yuri

Adalah The Girl Who Leapt Through Time, sebuah anime yang saya tonton kemarin malam. Sebenarnya, sudah cukup lama saya menaksir anime ini. Namun apalah daya, waktu itu belum nemu donlotan yang cihuy buat nonton anime ini.

the-girl-who-leapt-through-time


Anime The Girl Who Leapt Through Time ini adalah sebuah anime yang diadaptasi dari novel berjudul sama  yang terbit pada tahun 60-an. Wow! Kalo di novel aslinya, bercerita tentang Kazuko Yoshiyama, seorang siswi sekolah menengah yang memiliki ability untuk melompati waktu alias time-leap setelah mencium aroma lavender di ruangan laboratorium di sekolahnya. Tapi kita tidak sedang membicarakan novel itu. Film ini memiliki cerita yang agak berbeda dengan novel tadi.

Suatu pagi, Makoto Kono -seorang siswi SMA yang energic- bangun dari tidurnya padahal sebelumnya ia bermimpi (dan terasa nyata) bahwa ia sedang bermain baseball bersama teman-temannya -Chiaki dan Kosuke- kemudian tertimpa sebuah benda. Karena tiba-tiba saja ia sadar ia terlambat, ia terburu-buru berangkat ke sekolah. Ah, sebelum berangkat ibunya menitipkan sekantong buah untuk di antar ke bibinya.

Sampai di sekolah, Makoto harus dikejutkan karena gurunya mengadakan ulangan mendadak. Dan ia gagal mendapatkan nilai sempurna. Selain itu, ia mengalami kesialan-kesialan lain. Mulai dari tertimpa temannya yang sedang bermain, gagal menggoreng udang dan menjadi bahan ejekan teman-teman di kelas memasak, dll. Sebelum pulang sekolah, Makoto mendapat tugas membersihkan laboratorium. Saat di laboratorium itulah, tiba-tiba dia jatuh dan menyentuh sebuah object aneh berbentuk kacang dan tersadar dengan tubuh tertimpa tumpukan buku.

Setelah itu, teman Makoto bercerita tentang perasaannya kepada Chiaki. Makoto dengan santainya memberikan dukungan padanya. Makoto sempat bercanda dan bermain baseball bersama Chiaki dan Kosuke, sebelum ia bersepeda untuk mengantar buah untuk bibinya. Di jalan yang menurun, ia kemudian sadar bahwa remnya tak berfungsi sementara di ujung jalan sebuah kereta akan lewat. Makoto berusaha menghentikan laju sepeda dengan kakinya, sambil terus mencoba rem sepedenya. Tetapi takdir berkata lain. Makoto tiba di ujung jalan. Sepedanya menabrak palang pintu lintasan kereta, tubuhnya melayang di udara dan ia tewas tertabrak kereta. Lalu, waktu terhenti. Makoto bangkit setelah bertabrakan dengan seorang ibu di beberapa puluh meter sebelum pintu lintasan kereta -yang seharusnya menabraknya-. Makoto melongo. Ia sadar telah melompati waktu.

Awalnya Makoto bingung, tapi kemudian ia berulang kali melompati waktu dengan brutal dan sesuka hati setiap menghadapi situasi tidak mengenakkan. Dari mulai belajar biar nilai ulangan bagus, berulang kali mengulang waktu biar sesi karaoke-nya jadi lebih lama, sampai menghindari pernyataan cinta dari Chiaki.

Segalanya pun terasa lebih menyenangkan bagi Makoto, hingga akhirnya sebuah tato ajaib di lengannya memberi tahu bahwa kesempatan Makoto melompati waktu tinggal 1 kali lagi. Di saat itulah -di jalan tempat Makoto seharusnya tewas akibat tertabrak kereta- tiba-tiba Kosuke dan pacarnya meluncur dengan sepeda dalam kecepatan tinggi menuju kereta yang semestinya akan menabrak Makoto. Melihat itu, Makoto berlari sekuat tenaga. Berteriak memperingatkan Kosuke sambil terus berlari. Berharap dirinya mampu melompati waktu dan mencegah Kosuke tewas….

Jadi, mampukah Makoto menyelamatkan Kosuke? Ya, Makoto memang menyelamatkan Kosuke karena seketika waktu terhenti. Tetapi setelah itu, fakta lain terungkap. Tentang jati diri Chiaki dan bagaimana Makoto bisa mengalami lompatan waktu itu. Kemudian, perasaan mereka.

—-

Yap, I like this kind of anime. Ceritanya, dramatic scenes-nya, bumbu science fiction-nya yang ringan tapi dapet, enggak sedih tapi tetep punya arti. Layak lah buat saya masukkan dalam daftar anime favorit!😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s