Curhat Mahasiswa KK

Gila, gua udah ujan-ujan di motor, macet banget pula. Pas sampe kampus, dosen gak dateng. Dem!

Berdiri 2 jam di transjakarta, desek-desekan, lari-larian karena udah jam 5. Pas sampe kampus dosen cuap-cuap 5 menit, cengangas-cengenges, dan ngomong ‘udah ya, kita pulang aja’. What??!!

Jalan kaki pake payung, kaus kaki udah basah kuyup kena genangan air. Setengah jam di kampus, cuma gua sama dosen yang dateng. Krik-krik.

Jam 23.56 kirim email tugas kelompok ke dosen. Sementara itu, temen sekelompok lagi pada tidur nyenyak atau malem mingguan di tempat lain. Hoaaaahmm

Kalo posisi kita ada di antara 4 statement itu, apa sih yang dirasain? Gua sih pasrah. Well, beginilah resiko jadi mahasiswa kelas karyawan. Mungkin ada banyak orang yang menganggap kondisi mereka udah sustain, jadi kuliah memang cuma untuk mempermudah kenaikan jabatan aja. Kami paham itu. Tapi ada sebagian lagi yang macem statement ke-4 di atas. Pusing mencoba ngertiin makna 1 soal di modul yang tebelnya amit-amit, dengan otak gak seencer anak PTN, dengan otak sisa kerja.

Bagi universitas mungkin bisa dengan gampangnya bilang “begini memang situasi di sini, kalo gak cocok silakan pindah”. In fact, pernyataan itu bener. Kita bayar berapa sih emang? Ngapain mau nuntut yang bagus? Mau belajar dengan benar? Mehhh. Pindah sono.

Bagi mahasiswa, ada yang lebih memilih bilang “guys, titip absen ya. gua lagi mutung. males kuliah”. In fact, ya terserah juga. Urusan dia. Mungkin semua ini terlalu melelahkan baginya. Rrr.. Dia udah kerja, dia udah jauh lebih pinter mungkin. Duitnya banyak, mungkin. Jadi ya itu bukan urusan.

Tapi ya itu tadi, ada temen gua yang lucu-lucu, rajin-rajin dan pinter-pinter! Ada juga yang rajin ngegambar ampe stress walaupun duitnya banyak. Gua suka malu kalo males-malesan.

Yaudah deh, gua cuma menuangkan gagasan. Tentang satu sudut di dunia pendidikan kita (duileee). Sudut yang jarang dilihat, tapi nyata teraba.

*buat dimana saja mahasiswa kelas karyawan berada. choose your way responsibly!

4 thoughts on “Curhat Mahasiswa KK

  1. Yang jelas malu klo nyontek pas UAS nur… Sayang duit sayang waktu saya usaha… kenapa gk dimaksimalin aja… toooh hasilnya lebih positif.. ya gag??

  2. Sering mikir nilai di atas kertas emang ga penting, tapi tetep aja pas ngerjain UTS/UAS ya udah budaya bikin tangan pegel juga, yang kali klo diliat temen yang lain bakal dikomentarin ‘buat cerpen ya Mba?’

    #sempetjdMhsKK#

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s