Things to know: Accounting Information System (Sistem Informasi Akuntansi)

Karena kadang-kadang lupa dan keder, ada baiknya juga kita buat summary mengenai sistem informasi akuntansi.

Dalam sistem informasi akuntansi, kita harus paham tentang 4 hal yang menjadi dasar:

1. Basic terminology (terminologi dasar)

2. Debits and credits

3. Accounting equation (persamaan akuntansi)

4. Financial statements and ownership structure (laporan keuangan dan struktur kepemilikan)

—–

1. Basic terminology (terminologi dasar)

Akuntansi keuangan merupakan serangkaian konsep untuk mengidentifikasi, merekam, mengklasifikasi, dan menafsirkantransaksi dan peristiwa lain berkaitan dengan perusahaan. Oleh karena itu kita perlu memahami terminologi dasar yang digunakan dalam mengumpulkan data akuntansi.
Event (peristiwa): peristiwa yang dimaksud adalah peristiwa yang merupakan sumber atau penyebab terjadinya perubahan dalam aset, liabilitas dan ekuitas. Peristiwa ini merupakan peristiwa dalam internal perusahaan, bisa juga eksternal.
Transaction (transaksi): sebuah peristiwa eksternal yang melibatkan suatu proses transfer atau pertukaran antara 2 pihak atau lebih.
Account (akun): Sebuah pengaturan sistematis yang menunjukkan pengaruh transaksi dan kegiatan untuk elemen aset, kewajiban, dan sebagainya. Perusahaan menyimpan akun terpisah untuk setiap aset, kewajiban, pendapatan, dan biaya, dan untuk modal (ekuitas pemilik). karena format account sering menyerupai huruf T, kadang-kadang disebut sebagai T-akun.
Real and nominal account (akun riil dan akun nominal): akun riil adalah aset, liabilitas dan ekuitas (yang ada di balance sheet). Akun nominal adalah pendapatan/penjualan, biaya, keuntungan (ada di income statement). Akun nominal ditutup tiap periode, sedangkan akun riil tidak ditutup.
Ledger (buku besar): buku yang memuat akun-akun. Buku besar adalah koleksi semua aset, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, dan rekening pengeluaran. Buku besar suatu anak perusahaan berisi rincian terkait dengan akun buku besar yang umum diberikan.
Journal (jurnal): (hmm, gimana yak -_-“) jadi gini, transaksi kan awalnya dicatat di buku kas, kemudian dipindahkan ke jurnal, untuk kemudian dipindahkan lagi ke ledger (buku besar). Kegiatan memasukkan data transaksi ke jurnal disebut…. menjurnal. Yap!
Posting: proses memindahkan fakta-fakta penting dari buku kas (atau original entry book) ke akun-akun di buku besar. (apa ya? pokoknya mosting!)
Trial balance (neraca saldo): Daftar semua akun terbuka dalam buku besar dan saldo mereka. Neraca saldo ini dibuat segera setelah semua penyesuaian telah diposting (disebut sebagai neraca saldo disesuaikan/adjusted trial balance). Perusahaan dapat menyusun neraca saldo pada setiap waktu.
Adjusting entries (jurnal penyesuaian): jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi sehingga semua entri up-to-date dan sesuai dengan accrual basis, jadi perusahaan dapat segera menyiapkan laporan keuangan yang benar dan keren!
Financial statements (laporan keuangan): Laporan yang mencerminkan pengumpulan, tabulasi, dan summary mutak,hir dari data akuntansi. (1) neraca (balance sheet), (2) laporan laba rugi (income statements), (3) laporan arus kas (cash flow statements), (4) laporan saldo laba (statement of retained earnings).
Closing entries (ayat jurnal penutup): Proses formal di mana perusahaan mengembalikan semua akun nominal ke nol (0) dan menetapkan serta memindahkan laba bersih atau rugi bersih ke akun ekuitas pemilik.
—–
Huft, selesai! lanjutannya di postingan sebelah ah…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s