Grab it fast, or save the best for last?

Berdasarkan kontrak gajinya, Noury sebagai Manajer Pemasaran di Kamehameha Tbk ditawari opsi pemberian bonus oleh bosnya:

“Nor, kamu kan kerjanya bagus. mau bonus $40,000 saya kasih sekarang apa saya tambahin jadi $70,000 tapi dikasihnya nanti 10 tahun lagi?”

“Waduh, bagaimana ini?” pikir Noury sambil kebingungan. Ia sangat senang karena mau dikasih bonus. Tapi yang mana ya yang harus diambil? Grab the $40,000 fast? Or save the $70,000 for last?

Beruntunglah Noury punya teman seorang mahasiswa akuntansi bernama Joko Β yang sedang belajar tentang the time value of money atau nilai waktu uang. Noury minta tolong ke Joko untuk hitung berapa sih nilai si $70,000 yang bakal dikasih oleh bosnya 10 tahun lagi? kalau dibandingin sama $40,000 yang sekarang, gedean yang mana ya?

Sebelum mulai menghitung, diasumsikanlah bahwa suku bunga relevannya 8%. Kenapa 8%? (biasanya sih di soalnya udah ada gitu prosentasenya,, hehehe. bisa juga 9% atau 10% dan lain-lain). Dengan mengabaikan dulu faktor pajak yang akan dikenakan, inilah besarnya si $70,000 yang bakal dikasih 10 tahun lagi kalau dibandingin sama sekarang…..

Dan hasilnya cuma $32,423. Artinya, nilai si $70,000 itu sama dengan $32,423-nya sekarang.

Kalau buat perbandingan mungkin gini, $40,000 itu bisa kita beliin es krim satu galon, yang $70,000 di 10 tahun yang akan datang cuma bisa beli es krim 3/4 galon.

Waduh, bahaya ini. Baiklah, Noury memutuskan untuk mengambil saja yang $40,000 karena setelah minta pendapat temannya yang bernama Faiz, Faiz bilang uang $40,000 mungkin bisa jadi $400,000,000 kalo diambil sekarang dan dipakai buat buka usaha KFC KW2 a.k.a Sabana. Hehehe.

—–

Nah, dari mana perhitungan di atas tadi? Karena yang kita cari itu adalah nilai sekarang (Present Value) dari suatu bentuk uang di masa yang akan datang (Future Value) dengan suku bunga relevan 8% maka kita hitungnya pake rumus Present Value of Single-sum.

Rumusnya:

PV = FV (PVFn,i) atau

dimana:

PV: present value (nilai sekarang)

FV: future value (nilai kemudian/yang akan datang)

PVF: present value factor (faktor-faktornya, n=periode, i=suku bunga)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s