[ Novel ] : Pembunuhan atas Roger Ackroyd

Siapa tak kenal Agatha Christie, pasti tidak sayang padanya. Ya, karena sekali Anda membaca novel misteri karya Agatha Christie, dijamin Anda akan sayang padanya dan mau baca lagi novel misteri karya beliau.

Salah satu novel misteri favorit saya sepanjang masa adalah Pembunuhan atas Roger Ackroyd (The Murder of Roger Ackroyd) yang ditulis oleh Agatha Christie dengan Mr. Hercule Poirot sebagai detektif yang menyelesaikan kasusnya.

Memang kebanyakan novel misteri itu rumit, dan kerumitan itulah yang membuat novel misteri terasa sexy (hayyaaaah). Akan tetapi, tidak sekedar rumit namun Pembunuhan atas Roger Ackroyd menawarkan sebuah sudut pandang yang sangat unik dan merupakan kunci atas pemecahan kasus pembunuhan ini.

Dari awal, pembaca melihat situasi dari mata orang pertama: Sang Dokter. Tokoh ini adalah seorang bujangan paruh baya yang tinggal bersama kakak perempuannya. Dia adalah dokter desa yang digambarkan hidup bersahaja dan gemar berkebun.

Suatu hari, ia berkenalan dengan tetangga barunya dan bercerita bahwa ia baru saja mendapat warisan. Setelah itu, kita dihadapkan pada gambaran detik-detik ketika Sang Dokter mengunjungi Roger Ackroyd di rumahnya yang besar dan akhirnya meninggalkannya larut malam. Beberapa saat setelah ia beristirahat, ia diberitahu bahwa Tuan Ackroyd telah meninggal. Misteri dimulai saat ini.

Hal yang menarik adalah detail-detail yang diberikan oleh Sang Dokter kepada tetangganya tersebut (yang sebenarnya adalah Hercule Poirot) yang akhirnya menggiring pembaca pada pembunuh sebenarnya (dari beberapa orang yang dicurigai).

Secara teknis akan sulit bagi kita untuk percaya bahwa seseorang lah pelakunya karena sudut pandang yang Ny. Agatha Christie pilih sangat berbeda dari apa yang dilakukan penulis novel misteri lain pada umumnya. That’s why this novel being my most favorite mistery novel all the time!

Sebenarnya, saya gregetan untuk memberikan detail lebih jauh mengenai novel ini. Namun karena saya juga tidak tega kalau harus membocorkan ending dari novel ini. Jadi, saya hanya bisa bilang selamat membacaπŸ™‚

Saat meninggalkan ruangan itu, aku melihat Roger tertidur dengan posisi yang aneh. Tapi aku tak tega membangunkannya

– Sang Dokter

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s