maapmu gak ngilangin bekas paku

Dalam dunia pergaulan, yang namanya salah itu pasti sering terjadi kan ya? Salah kata-kata, misalnya harusnya bilang ‘wajahmu cantik ya’, kesilep jadi ‘wajahmu tidak jelek lho’. Walaupun itu mirip-mirip (eh, mirip gak sih?) Tapi tetep aja itu tuh beda! Jangan gara-gara cantik tidak sama dengan jelek, maka kita menyamakan tidak jelek tidak sama dengan tidak cantik.

Jadi, ketika ada silep-silep lidah macam itu sering sekali kan sebuah kata diucapkan, ‘maap’. Yup, maap. Sebuah kata yang sering diucapkan, yang bermakna permohonan agar kesalahan (kesilepan) kita terhadap orang lain (atau Tuhan) dimaafkan, dilupakan.

Tapi karena manusia itu bukan Tuhan dan Tuhan bukan dalam wujud manusia, makanya seringkali maap itu gak ngaruh, nur. Mau ampe ledes kita bilang maap, itu gak akan banyak ngaruh juga kayaknya. Kalo kesalahan diibaratkan dengan paku, terus hati manusia ibarat kayu, maka bilang maap itu ibarat mencabut paku dari kayu itu. Ilang sih pakunya, tapi bekasnya itu gak ilang. Biarpun kita coba buat nampel bekasnya pake semen, pake kayu, pake apapun, tetep sama aja. Bekas itu akan tetep ketara, seakan-akan tambelannya malah akan jadi penanda bahwasanya pernah ada sebuah luka (eh lubang) di situ. Jadi, maapmu gak ngilangin bekas paku.

Terus, kalo maap itu gak ngilangin luka (eh bekas paku) jadi gimana dong? Kalo katanya konsultan ISO, disinilah prepentip sistem diperlukan. Korektip itu udah gak jaman, nur. Soalnya si bekas paku susah ngilangnya. Prepentip sistem inilah yang seharusnya bekerja di otak kita, di diri kita. Cegahlah dirimu dari menyakiti, nur. Cegahlah dirimu dari menancapkan pake ke hati orang lain. Maap itu mudah, sekalipun susah tetep aja gak lebih susah daripada memberi maap. Bilang maap itu emang baik, tapi yang lebih mulia itu tetep aja yang memberi maap.

*maaf🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s